Rabu, 03 April 2013

Program Kerja ROHIS 2014

Assalamua'laikum teman-teman penghuni surga :)
Sekarang mau ngenalin proker-proker Rohis 2014 nih. Proker rohis 68 itu terbagi 2, program setahun sekali dan program rutin. Apa aja sih? Let's Check it!

Program Setahun Sekali

1. Buka Bersama (Bukber)-Abdillah Dzulfikar Jaladri

Buka bersama/ bukber adalah proker pertama kepenggurusan kami yang saat itu belum menjadi pengurus rohis tetap. Bukber diadakan dari tahun ke tahun dan selalu mengundang alumni. Selain itu bukber juga memperkuat ukuwah sesama pengurus-pengurus rohis maupun alumni.

 Bersih-bersih sebelum mulai acaranya :)


Acara diawali dengan tilawah oleh Armein dan Nadia

Sharing-sharing dari alumni nih..


Weiitss.. pada fokus ikutin acaranya nih :D


Wahh udah siap-siap mau buka puasa, inget tunggu adzan magrib dulu nanti kelupaan lagi hehe :)

2. Idul Adha - Indrawan Fadhil Pratyaksa

Idul Adha adalah perayaan besar umat Islam. Idul Adha diadakan di SMA 68, kami juga mengadakan sholat ied berjamaah disekolah dan membagikan kupon. Alhamdullilah qurban seluruhnya berjumlah 14 kambing dan 3 sapi yang merupakan pemberian dari SMA 68 dan pihak-pihak lain.
 Wah alhamdullilah yang datang sholat banyak :')

Pembagian kupon~


Ayoo!! pada makan dulu biar ada tenaga buat potong hewan qurbannya :3

Wah pak Ijen sama pak Eko lagi ngomongin cara motong hewan qurbannya nih.. seremm...



 Ini dia calon-calon sapi dan kambing yang bakal dipotong.





Proses pemotongan, ngerii~








Proses pembagian,peyortiran,pemotongan,dll. Semangat teman-teman '-')9

3. Studi Banding Keputriian (Stuban) - Syifa Maulida

Studi Banding/Stuban yang kami lakukan adalah pergi ke SMA 109. Tetapi sayangnya hanya akhwat yang stuban dikarenakan saat itu ikhwannya berhalangan.

4. Studi Siswa Tentang Islam (SSTI) - Armein Muhammad Fikri

Tahun kami SSTI bertemakan Bulb Generator (Build Better Generation with Faith, Knowledge, and Determination). SSTI diperuntukkan untuk seluruh siswa-siswi muslim SMA 68 kelas 10. SSTI merupakan salah satu bentuk pendalaman Islam untuk adik-adik kelas 10, agar lebih mencintai agamanya dan merupakan suatu proker untuk mencari bibit-bibit baik untuk menjadi pengurus rohis berikutnya. Acara ini berlangsung selama 3 hari 2 malam di SMA 68.

5. Tabligh Akbar - Sekolah

 Tabligh Akbar merupakan proker pertama Rohis. Sebenernya awalnya kami ingin mengadakan maulid, tetapi guru-guru ingin mengadakan tabligh akbar saja, sehingga PHBI (Muharram, Maulid dan Isra' Miraj) yang sebelumnya selalu diadakan digabungkan menjadi tabligh akbar ini. Karena ini merupakan proker sekolah yang dilatar belakangi keagamaan sehingga, ini masuk menjadi proker kami walaupun bukan kami yang merencanakan. Tahun kami adalah tahun pertama diadakannya Tabligh Akbar.

6. Seminar Keputriian (Semut) - Hisana Haryono

Tahun ini semut kami bertemakan MOSZATION (Moslem in Globalization). Acara ini diperuntukkan untuk umum, tak hanya untuk warga SMA 68 saja dan tanpa biaya masuk alias GRATIS!! Pengisi acaranya adalah orang-orang yang sangat hebat yaitu Oki Setiana Dewi (Aktris Muslim Indonesia dan Penulis Buku Best Seller) dan Ibu Kingkin Anida (Direktur Sekolah Kepribadiaan Muslim Glows). Acara ini diadakan di Gedung Serbaguna Menza.



Persiapan MOSZATION dari jam 5.30 lohh





Tamu-tamu sudah pada berdatangnya, siap-siap deh para penerima tamu menyediakan que mama dan fruit tea buat cemilan selama acara berlangsung dan tak lupa pembagian notes dan pulpen. semuanya Gratiss!!












Ini beberapa potongan-potongan foto, saat acara MOSZATION berlangsung. Pokoknya seru banget deh! Nyesel yang gak dateng ^^b

7. Latihan Dasar Kepemimpinan Rohis (LDKR) - Ghozi Bimo Ruchi

LDKR diperuntukkan untuk siswa kelas 10 yang merupakan calon pengurus rohis selanjutnya. LDKR merupakan salah satu proker yang bertujuan untuk membuat bibit-bibit pengurus rohis yang baru, yang lebih baik dari sebelumnya. LDKR merupakan puncak sebuah proker. LDKR diadakan di luar sekolah, di daerah puncak. LDKR berlangsung selama 3 hari 2 malam. Kami mengundang guru dan alumni untuk turut serta berpartisipasi.

8. Tafakur Alam (T.A)

T.A adalah sebuah proker rohis yang bertujuan untuk refreshing dan mengingat/mensyukuri kehebatan Allah SWT. Sekaligus memperkuat ukuwah Islamiyah antar sesama pengurus rohis, guru dan alumni.

9. Masa Orientasi Siswa (MOS)

MOS adalah proker tahunan terakhir dari kepengurusan angkatan kami. Proker terakhir kami bekerja sama dengan Osis SMA 68. Posisi kami ialah sebagai tempat sharing adik kelas ketika baru masuk ke SMA 68. Kami juga merupakan sarana pengenalan ke adik kelas tentang lingkungan Islamiyah di SMA 68.

Program Sepanjang Tahun

1. Keputriian

Keputriian adalah suatu rutinitas siswi muslim di SMA 68 setiap hari Jum'at ketika siswa laki-laki sedang melaksanakan sholat Jum'at. Keputriian biasanya berupa suatu forum kecil untuk belajar tentang Islam dan berbagai hal seputar sekolah. Kelas 10 dibimbing oleh Pengurus rohis kelas 11, kelas 11 dibimbing oleh pengurus rohis kelas 12/guru sedangkan kelas 12nya oleh guru/alumni. Biasanya materi tentang keputriian disediakan oleh divisi peribadatan akhwat.

2. Social Media

Social Media yang kami gunakan berupa Twitter ( @rohis_68 ), Facebook ( ROHIS SMAN 68 ) dan blog ( www.rohis68jkt.blogspot.com ). Dalam SocMed tersebut biasanya kami gunakan untuk merdakwah atau media untuk mengenal kami lebih dekat. Yang memegang tanggung jawab ini adalah divisi syiar elektronik.

3. Shalat Berjamaah Setiap Dzuhur

Setiap Dzuhur di SMA 68 selalu diadakan sholat Dzuhur berjamaah. Bahkan biasanya Ashar dan Magrib juga diadakan jama'ah.

4. Kultum Sesudah sholat Dzuhur

Biasanya setelah sholat Dzuhur berjamaah selalu diadakan kultum dari salah satu siswi SMA 68 pria atau guru pria.

5. Tadarus di Jum'at Pagi

Setiap Jumat pagi selalu diadakan tadarus bersama di lapangan SMA 68 yang dipimpin oleh pengurus rohis ikhwan atau guru, setelah itu diikuti pembacaan asmaul husna dan kultum dari salah satu pengurus rohis ikhwan.

6. Pembacaan Do'a di Speaker Sebelum Memulai Pembelajaran

Setiap Pagi salah satu anggota divisi peribadatan ikhwan akan memimpin do'a sebelum belajar lewat speaker ke setiap kelas.

7. Mentoring

Mentoring diperuntukkan untuk siswa-siswi SMA 68 terutama para pengurus rohis. Mentoring diadakan seminggu sekali dan diisi oleh alumni. Mentoring dibagi-bagi, menjadi kelompok-kelompok.

8. Mading dan Wall of Message

Mading dan Wall of Message adalah tugas dari divisi syiar mading. Mading biasanya berisi foto-foto dan penjelasan mengenai proker yang baru dilaksanakan. Wall of Message adalah kumpulan pesan-pesan dan harapan-harapan siswi SMA 68.

9. Marawis

Marawis merupakan suatu kesenian yang sejalan dengan Islam. Marawis diperuntukkan hanya untuk perngurus rohis ikhwan. Marawis merupakan ekskul didalam keperngurusan rohis ini sendiri. Menghidupkan marawis merupakan tugas utama dari divisi syiar seni ikhwan.

10. Jualan

Merupakan salah satu usaha pengurus rohis 68 untuk mencari dana tambahan demi suatu proker, dengan berjualan diharapkan pengurus rohis dapat menjadi seorang interprener muda yang kreatif, percaya diri dan sukses sehingga kedepannya di dunia yang sesungguhnya sudah bisa memegang bekal yang mantap. Tugas utama divisi danus.

Sekian posting-an kali ini semoga bermanfaat bagi kalian, yang ingin mecari suatu kegiatan yang bermanfaat di sekolah-sekoalh kalian. Info lebih lanjut bisa kirim via email ke kamirohis68@gmail.com :)

8 komentar:

  1. subhanallah... proker rohis kalian ajib (y) smga bisa memotivasi untuk semua anak rohis, termasuk rohis sya... :)

    BalasHapus
  2. prokernya bagus, keren, dan sangat menginspirasi

    BalasHapus
  3. prokernya bagus, keren, dan sangat menginspirasi

    BalasHapus
  4. afwan, punya gak ya file proposal program tahunan rohisnya. kalau boleh bisa dibagi

    BalasHapus
  5. Maasyaa Alloh.. luar biasa proker rohis SMAN 68

    BalasHapus
  6. mungkin akan lebih keren lagi jia ditambah dengan pengajian kitab kuning

    BalasHapus
  7. programnya bagus dan terorganisir dengan baik, bisa tolong dibantu saya kak

    BalasHapus
  8. programnya bagus dan terorganisir dengan baik,boleh minta bantuaanya kak

    BalasHapus