Senin, 21 Desember 2015

Program Kerja ROHIS SMAN 68 Jakarta 2015-2016

Assalamu'alaikum sahabat rohis!

Rohis SMAN 68 memiliki banyak program kerja (proker) yang diadakan selama setahun, baik yang dilakukan secara rutin maupun setahun sekali. Apa saja, ya, prokernya?

Program Setahun Sekali:
  • Buka Bersama
Biasanya diadakan sebelum libur panjang lebaran. Selain dihadiri oleh para anggota rohis, para alumni biasanya juga datang sekaligus untuk bersilahturahmi.
  • Pemotongan Hewan Kurban saat Idul Adha
Setiap tahun, pemotongan hewan kurban diadakan di SMAN 68 Jakarta. Daging-daging kurban tersebut kemudian dibagikan ke warga yang kurang mampu dan juga anak-anak yatim.
  • Studi Siswa Tentang Islam (SSTI)
SSTI  ditujukan untuk memberikan pengetahuan tentang Islam kepada siswa kelas X serta mempererat ukhuwah islamiyah. SSTI tahun 2015 diadakan pada tanggal 14-16 Desember 2015 dengan tema "CHANGE" yang merupakan kependekan dari 'Create our heart with Islam  religion'.  Tema SSTI ini membawa harapan akan perubahan kepada para peserta untuk menjadi lebih baik dari sebelumnya.





  • Perayaan Tahun Baru Islam 1437H
Untuk menyemarakkan suasana Tahun Baru Islam 1437H, pada tanggal 23 Oktober 2015 atau 10 Muharram 1437H, diadakanlah perayaan dengan tema 'Hari Baru, Pribadi Baru'. Kegiatan ini sekaligus untuk merayakan lebaran anak yatim. Turut diundang dan hadir  sejumlah anak yatim yang masih duduk di bangku SD dan SMP.



  • Festival Islam SMA Enam Delapan (FINAL)
Pada acara FINAL, akan diadakan beberapa lomba keterampilan agama (LOKETA), yaitu lomba MTQ, MHQ, Marawis, Kreasi Hijab Syar'i, Kaligrafi, Kreasi Mading Islami, Cerdas Cermat, serta Adzan. Tujuan dari kegiatan ini yaitu untuk menumbuhkembangkan minat, bakat,dan kreativitas dalam bidang keterampilan serta seni yang berkaitan dengan Pendidikan Agama Islam.
  • Seminar Keputrian (SEMUT)
SEMUT ditujukan untuk para remaja akhwat seluruh dunia. SEMUT kali ini bertema "CANDY" yang merupakan kependekan dari 'Character and Achievments Developing for Muslimah Youth". SEMUT CANDY akan memberikan banyak ilmu mengenai pengembangan karakter remaja muslimah masa kini dengan mengikuti arus globalisasi tanpa mengesampingkan Islam.
  • Latihan Dasar Kepemimpinan Rohis (LDKR)
LDKR ditujukan untuk anak kelas X yang akan menjadi pengurus rohis. Peserta LDKR akan diberikan ilmu bagaimana cara berorganisasi dengan baik dalam rohis.
  • Tafakur Alam (TA)
Tafakur alam adalah proker rohis yang bertujuan untuk refreshing sembari mengingat kebesaran Allah. Diadakan di luar sekolah agar makin banyak kebesaran Allah yang terlihat dan patut disyukuri.

Program Rutin:
  • Keputrian
Keputrian adalah kegiatan pemberian materi kepada para siswi muslim SMAN 68 untuk mengisi waktu kosong selama para ikhwan sholat jumat.
  • Tadarus
Tadarus diadakan setiap pulang sekolah melalui speaker. Para siswa muslim mengikuti bacaan Al-Quran di masing-masing kelas. Selain itu tadarus juga diadakan setiap Jumat pagi di lapangan diikuti dengan pembacaan Asmaul Husna dan kultum.
  • Quran Day
Setap hari Kamis sepulang sekolah, diadakan Quran Day di Masjdi Darul Ulum. Sasaran utama yang mengikuti kegiatan ini adalah siswa kelas X. Pada saat Quran Day, para siswa tidak hanya bertadarus tapi juga belajar membaca Al-Quran dengan lebih baik lagi.
  • Mentoring
Mentoring adalah kegiatan pemberian materi kepada anak rohis kelas X sesuai jadwal yang ada. Dibimbing oleh pengurus rohis kelas XI
  • Marawis
Marawis adalah kegiatan para ikhwan. Marawis 68 kece, loh! Mereka seringikut dan memenangi perlombaan marawis. Latihan marawis biasanya diadakan di Masjid Darul 'Ulum setiap hari Senin dan Minggu.



  • Danus
Danus diadakan untuk mencari dana tambahan suatu proker tahunan. Selain itu, danus juga bisa mengembangkan semangat kewirausahaan anggota rohis.

Itulah proker-proker Rohis SMAN 68 Jakarta 2015-2016. Semoga semua yang kami lakukan juga berguna untuk banyak orang, tidak hanya bagi anggota Rohis 68 saja. Serta, mohon doanya, ya, untuk proker-proker yang belum dilaksanakan, semoga saat penyelenggaraannya dapat berjalan dengan lancar!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar